Tags

Selama menjalankan puasa di bulan Ramadhan, menu makanan menjadi salah satu hal yang mesti diperhatikan.

 Makanan yang dikonsumsi harus seimbang dari semua kelompok makanan seperti kelompok buah, sayur, daging, sereal, dan susu.

Mengingat jam puasa yang panjang, makanan yang dikonsumsi saat sahur sebaiknya yang lambat dicerna dalam tubuh. Makanan jenis itu di antaranya makanan yang berasal dari biji-bijian seperti gandum, oat, kacang-kacangan. Juga makanan berserat, seperti buncis, kacang polong, bayam, almond.

Adapun makanan yang cepat dicerna antara lain makanan yang berasal dari tepung terigu dan mengandung gula. Sebaiknya hindari makanan yang terlalu banyak mengandung gula. Karena, bisa menyebabkan produksi insulin terlalu banyak yang bisa mengakibatkan glukosa darah menurun.

Makanan yang lama dicerna akan bertahan hingga 8 jam. Sedangkan makanan yang cepat dicerna hanya bertahan 3 sampai 4 jam.

Selain itu, sebaiknya hindari makanan yang digoreng dan berlemak. Sebab, makanan jenis itu tidak sehat dan bisa mengakibatkan gangguan pencernaan, nyeri ulu hati, dan masalah berat badan.

Sebaiknya juga menghindari terlalu banyak minum teh. Lantaran bisa membuat Anda sering buang air kecil. Padahal, saat buang air kecil itu ada mineral-mineral yang dibutuhkan tubuh Anda ikut terbuang.| TEMPOINTERAKTIF.COM

semoga bermanfaat….