Tags

Assalamualaikum Wr.Wb

 

Coba perhatikan kutipan teks dibawah ini!!!!

“Undang-undang dasar,,tahun 1945: Pembukaan, bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu maka penjajahan diatas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan prikemanusiaan dan prikeadilan…..dst….”

Terus ada yang tahu gak kutipan lagu dibawah ini????

“17 Agustus tahun 45, itulah hari kemerdekaan kita

Hari merdeka Nusa dan Bangsa hari lahirnya Bangsa Indonesia,

,merdeka

Sekali merdeka tetap merdeka  selama hayat masih dikandung badan kita tetap setia tetap sedia mempertahankan Indonesia…dst”

Begitulah kutipan dari teks UUD 1945 dan lagu Nasional 17 Agustus  1945 yang biasa kita dengar atau kita bacakan pada saat upacara hari senin baik disekolah, kantor ataupun pada saat upacara 17  Agustusan.

Para pahlawan tanah air dan segenap rakyat Indonesia menyanyikan lagu tersebut dengan semangat yang berkobar-kobar  dan penuh suka cita, karena setelah beberapa ratus tahun lamanya, Bangsa kita dijajah oleh Bangsa lain akhirnya kemerdekaan yang dicita-citakan dapat terwujud dengan perjuangan yang sangat berat melalui tangan-tangan para pahlawan Bangsa. Trusss apa kaitannya dengan bulan Suci Ramadhan??????

Yupssss,,pertanyaan yang bagus,, kenapa??? karena HUT RI kali ini seolah mengingatkan kita pada awal kemerdekaan Republik Indonesia yaitu pada tanggal 17 Agustus 1945. Inget gak??? Kakek kita dulu pernah bercerita kalo kemerdekaan Indonesia diproklamasikan dibulan suci ramadhan. Sama halnya dengan sekarang, dimana Hari Ulang Tahun Republik Indonesia jatuh pada bulan Suci Ramadhan pula.

Wahhh,,,merdeka dibulan merdeka….tentu suasananya akan sangat berbeda dengan hari-hari biasa. Karena moment paling bersejarah berlangsung dibulan yang sangat agung. Meskipun kita dalam keadaan puasa, tapi jangan jadikan hal itu suatu alasan untuk kita bermalas-malasan dalam mengisi berbagai kegiatan di HUT RI ini..justru kita harus memanfaatkan moment ini dengan penuh semangat. Karena mengingat perjuangan para pahlawan dulu tidak akan sebanding dengan apa yang kita lakukan saat ini.

Terusss,, bagaimana kita bisa membalas jasa para pahlawan Bangsa????

Haruskah kita ikut berperang?

Haruskah kita pergi ke Belanda untuk balas dendam? Atau pergi ke Jepang dan memaki-maki mereka karena pernah menjajah Bangsa kita?

Itu semua tidak perlu kita lakukan,,karena dijaman sekarang ini sudah tidak ada lagi perang angkat senjata,,tapi yang ada adalah perang pemikiran. Nah, sekarang tinggal bagaimana kita melawan perang pemikiran tersebut. Jadikan Bulan Suci Ramadhan ini sebagai langkah awal kemerdekaan bagi jiwa kita,,jangan hanya tanah air kita saja yang merdeka tapi jiwa kita juga harus ikut merdeka, karena jiwa yang merdeka merupakan salah satu factor dalam membangun Bangsa yang kokoh.

Semoga berkah dari bulan yang agung ini Bangsa kita dijadikan Bangsa yang makmur, damai dan sejahtera.amiiin.